A
 
Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Jurusan Kesehatan Gigi di TK Negeri I Bukittinggi
Admin (RH)
07/06/2023 16:46 WIB

Bukittinggi, 7 Juni 2023, Dosen Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Padang melaksanakan Pengabdian Masyarakat di TK Negeri I Bukittinggi.


Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh dosen adalah pengabdian kepada masyarakat.


Tema kegiatan kali ini adalah waktu dan cara menyikat gigi yang benar. Materi diberikan melalui media video (film kartun). Media ini dipilih sesuai dengan karakter murid TK. Selanjutnya dilakukan kegiatan sikat gigi bersama yang dipandu oleh Dosen Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Padang di halaman TK Negeri I Bukittinggi yang didampingi oleh kepala sekolah beserta guru. Murid TK diberikan peralatan/ kit sikat gigi secara cuma-cuma. Kit sikat gigi yang diberikan berisi sikat gigi, pasta gigi dan gelas kumur. Kit yang dibagikan dibawa oleh murid untuk dimanfaatkan di rumah sehingga memotivasi murid untuk mengaplikasikan menyikat gigi di rumah minimal dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.


Menyikat gigi merupakan salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah lubang gigi atau karies gigi. Pembiasaan cara menyikat gigi yang benar dan waktu menyikat gigi yang tepat sudah sepatutnya dilakukan semenjak dini.


Tema Pengabdian kepada Masyarakat ini sejalan dengan visi dan misi Jurusan Kesehatan Gigi dengan penciri pencegahan karies pada anak sekolah.

menghubungi server
Q
test